BANDUNG – Musim ini merupakan musim terbaik milik Sriwijaya FC (SFC). Betapa tidak, pasukan Rahmad Darmawan (RD) itu mampu menciptakan sejarah dengan menyabet dua gelar dalam satu musim di kompetisi nasional.

SFC sukses menyabet gelar juara Liga Indonesia, setelah mengalahkan PSMS Medan dengan skor 3-1 di babak final yang berlangsung di Stadion Jalak Harupat, Minggu (10/2/2008) malam WIB.

Ini merupakan gelar kedua buat SFC. Sebelumnya, Laskar Wong Kito juga menyabet gelar Copa Indonesia usai di babak final menumbangkan Persipura Jayapura melalui titik penalti. Praktis, prestasi ini merupakan yang pertama dilakukan oleh sebuah klub di Ligina meraih dua gelar sekaligus dalam satu musim.

SFC sendiri berdiri pada tahun 1976. Klub yang bermarkas di Stadion Jakabaring, Palembang Sumatera Selatan ini memang dari awal sudah dijagokan menjadi juara. Apalagi, sejak manajemen Laskar Wong Kito merekrut RD sebagai pelatih mereka.

Untuk meraih gelar juara, RD langsung merekrut beberapa pemain yang pernah bekerja sama dengannya di Persipura Jayapura. Christian Warobay, Charis Yulianto dan Christian Lenglolo merupakan beberapa pemain yang direkrut. Alhasil perlahan namun pasti, SFC mampu berprestasi di ajang kompetisi Indonesia.

Laskar Wong Kito pantas berpesta di Bandung. Tapi sayang meski menjadi juara di Copa Indonesia dan Ligina, Keith ?Gumbs? Kayamba dkk harus bersedih. Pasalnya, SFC gagal ke pentas Liga Champions Asia (LCA) karena keteledoran Federasi Sepakbola Indonesia (PSSI).

Selamat atas keberhasilan kalian Laskar Wong Kito!!

Berikut profil lengkap SFC:

Nama lengkap : Sriwijaya Football Club Palembang

Julukan : Laskar Wong Kito

Didirikan : 1976

Alamat : Kompl. Palembang Square, Jl. Angkatan 45/ Jl. POM IX No. R-130

Stadion : Stadion Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia.

Kapasitas : 40.000

Ketua Umum : Syahrial Oesman

Sekretaris : H. Musyrif Suwardi

Bendahara : Candra Antono

Manajer : H. MC. Baryadi, SE, MM

Pelatih : Rahmad Darmawan

Asisten Pelatih : Setyo Cipto

Dokter Tim : Kompol dr. Yanuar, S.pB
——————————————
artikel ini saya arsipkan di blog ini agar teman sewaktu-waktu bisa mengingat sejarah baru dalam sepak bola indonesia.

ya, pertama dalam sejarah :
-double winner
-pemain terbaik dipegang pemaing asing
-club sumatera yang memenangkannya
-babak final tanpa penonton
-kostim berpola songket
-…………..(tambahkan)

Minggu, 10 Februari 2008 – 21:46 wib
Hendra Mujiraharja – Okezone (www.okezone.com)